Pabrik, Distributor, Agen, Toko, Info Harga, Bondek, Besi Wiremesh, Atap Spandek, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Sumatera

KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN MENGGUNAKAN BONDEK COR DAK LANTAI Kelebihan Dan Keunggulan Menggunakan Bondek Cor Dak Lantai KELEBIHAN DAN K...

Kelebihan dan Keunggulan Menggunakan Bondek

KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN MENGGUNAKAN BONDEK COR DAK LANTAI

KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN MENGGUNAKAN BONDEK COR DAK LANTAI
Kelebihan Dan Keunggulan Menggunakan Bondek Cor Dak Lantai

KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN MENGGUNAKAN BONDEK COR DAK LANTAI UNTUK BANGUNAN BERTINGKAT

Terimakasih banyak sudah mengunjungi websait kami Mahkota Baja, pada postingan kali ini kami ingin sedikit menjelaskan tentang kelebihan dan keunggulan menggunakan bondek untuk cor dak lantai bangunan bertingkat.

Bondek sangat banyak sekali digunakan untuk bangguna bertinggkat walaupun begitu banyak juga di pakai untuk pagar atau pengerjaan lantai dasar pembangunan, karna pengerjaan bondek lebih mudah dan efisien dalam pengerjaanya. Meskipun memiliki banyak kelebihan, pastinya dalam setiap bahan memiliki beberapa kekurangan yang harus diketahui, agar kita tidak salah dalam mengaplikasikannya dalam suatu pekerjaan yang dilakukan. Berikut kelebihan, kekurangannya :

Kelebihan Menggunakan Bondek
1. Penghematan bekisting lantai karena floordeck sekaligus berfungsi sebagai form work.
2. Tidak menggunakan besi tulangan bagian bawah karena fungsinya sudah digantikan oleh bondek.
3. Pengerjaan lebih cepat dan murah jika dibanding dengan sistem konvensional.
4. Bagian bawah plat lantai terjamin rapi, karena jika menggunakan sistem konvensional dengan bekisting plywood maka ada
resiko beton keropos, retak atau ngeplin sehingga memerlukan pekerjaan finishing tambahan.
5. Aman jika terkena kebakaran.
6. Menggunakan bahan dasar dari galvanis sehingga anti karat sehingga bisa bertahan lama.

Kekurangan Menggunakan Bondek
1. Tidak bisa diterapkan pada sisi tepi gedung ( plat kuantilever).
2. Perlu pengaturan/perhitungan yang baik agar tidak banyak sisa material Floordeck/bondek yang terbuang.
3. Harga Floordeck/bondek bervariasi mengikuti harga perkembangan baja, jadi perlu dihitung segi efisiensinya

Meskipun begitu Pengecoran pelat lantai relatif lebih cepat, karena tidak perlu menunggu beton mengering lebih lama dan tidak ada pekerjaan bongkar bekisting/cetakan beton. Dengan Menggunakan Floordeck GNET

1. Menggunakan bondek - tidak banyak material yang tersisa atau terbuang dan menggunakan material bisa diminimalisir. Dan misal memakai dak Konvensional pasti membutuhkan papan kayu dan bambu banyak yang nantinya kkalu proyek Cor DAK sudah jadi akan terbuang dan bahkan akan menjadi kayu bakar

2. Hemat di SDM - menggunakan bondek tidak perlu menggunakan SDM banyak karena pemasangan relatif cepat tinggal letak meletakkan bondek seperti kita pasang papan cor. Misal ngecor dengan luasan 100m2 hanya cukup 2-3 orang saja. Beda dengan menggunakan konvensional yang pemasnagannyarelatif lama dan membutuhkan banyak orang karena harus paku sana- paku sini membuat bekisting yang memerlukan waktu labih lama 2-3 kali dari pasang menggunakan bondek.

3. Hemat di pembersian cor - hemat di pembersian tidak berarti nantinya tidak kuat, menggunakan bondek justru lebih kuat karena bondek juga sebagai pengganti tulang positif, yang biasanya ngecor menggunakan 2 lapis tulangan positif dan negatif karena papan bondek tidak di lepas atau di copot seperti papan kayu. Misal, bondek hanya perlu pembesian 1 lapis saja dan bisa menggunakan wiremesh atau besi yang sudah jadi yang terbentuk lembaran jadi tingga tempel saja, tidak perlu menganyam satu persatu yang membutuhkan waktu lama dan tenaga yang banyak. Bentunya wiremesh seperti di bawah ini.

4. Kebutuhan cor - jauh lebih hemat daripada ngecor dak konvensional, karena bondek berbentuk profil W yang dimana hitungan dimuai paling bawah, Menurut perhitungan menggunakan bondek bisa irit material 20- 30 %.

5. Hemat penyangga - tidak perlu penyangga yang banyak karena bondek ukuran jarak penyangga maksimal jarak 1.5M- 1.8M (hemat kayu), kalau konvensional jarak penyangga setiap 50- 80cm. Rapat sekali dan tidak bisa dibuat kerja bawahnya. (boros kayu) bukannya habis cor dibuang?

Kuat
Menggunakan bondek jauh lebih ringan namun kuat dan tahan gempa karena berat beban tidak seberat seperti menggunakan cor konvensional, banyak yang beranggapan menggunakan bondek itu susah dan tidak kuat. Kalau di logika,,,!! Kalau bondek itu tidak kuat maka tidak akan di rekomendasikan sama HAKI untuk bangun gedung- gedung bertingkat. Dan saya juga sering dengar kalau bangun dengan bondek itu susah dan lama, membangun menggunakan bondek tidaklah terlal susah karena belum terbiasa dan familiar penggunaannya.

Cepat
Menggunakn bondek lebih cepat pembangunannya dari pada menggunakan konvensional karena menggunakan bondek tidak perlu menunggu kering untuk di cornya dan sedikitnya penyangga memungkinkan pekerja bisa kerja di bawahnya untuk pekerjaan finishing lantai bawah sembari nunggu cor atas kering. Hebatnya lagi melepas penyangga cor tidak perlu memakan waktu yang lama yang biasanya hari yakni 5- 6 hari sudah bisa di lepas.

Cor konvensional kelihatan murah karena membeli material secara bertahap dan nyicil tapi banyak dan beda waktu pas pembelian material, jadi kelihatannya murah. Tapi kalau di hitung secara total jendral di belakang maka akan lebih mahal 2x harga bondek belum lagi kayu untuk cor konvensional yang sudah di beli hanya untuk cor sekali dan di buang kalau pekerja selesai.

0 coment�rios: